CARA MENGOPERASI DASAR MICROSOFT OFFICE

OPERASI DASAR MICROSOFT OFFICE

    Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data berupa huruf atau angka yang dipergunakan untuk keperluan bisnis, pekerjaan, pembuatan laporan, pembuatan dokumen, makalah, skripsi atau hal lain yang berkaitan dengan tulis menulis yang dikembangkan oleh Perusaan Microsoft.

Memilih Microsoft Word yang tepat

Berikut perkembangan Microsoft Word setiap versinya.


Cara bekerja dengan mouse


Kalau kita lihat gambar diatas, mouse memiliki tiga buah bagian yang utama. Meskipun sekarang sudah banyak lagi berbagai macam model mouse yang memiliki bagian-bagian lebih banyak dari itu. Namun untuk bagian mouse standar diantaranya :

  • Klik kiri berfungsi untuk menunjuk, mendrag (mengambil atau menggeser), enter (masuk) dan lain sebagainya.
  • Klik kanan berfungsi untuk memunculkan menu optional atau pilihan.
  • Scroll berfungsi untuk menurunkan halaman ke atas dan ke bawah dengan mudah.
  • Sensor berfungsi untuk menggerakan kursor untuk melakukan perintah tertentu.

Cara bekerja menggunakan keyboard

Cara menggunakan keyboard menggunakan keboard juga tidak sulit. Fungsi keyboad yang paling penting dan utama yaitu untuk menginput huruf yaitu (mengetik) dalam bahasa kita yang mudah. Hanya cukup menekan tombol huruf atau angka yang terdapat di dalamnya untuk menginputkannya. walaupun demikian, keyboard juga di lengkapi dengan berbagai tombol lainnya. Berikut ini beberapa tombol yang akan sering di gunakan ketika bekerja di komputer menggunakan keyboard.

  • Ctrl + A = Untuk menyeleksi keseluruhan atau memblok semua
  • Ctrl + C = Copy
  • Ctrl + V = Paste
  • Ctrl + Z = Undo
  • Ctrl + S = Simpan dokumen
  • Ctrl + O = Open dokumen
  • Ctrl + P = Mencetak dokumen
  • Ctrl + N = Membuat dokumen baru
  • Ctrl + B = Menebalkan teks
  • Ctrl + W = Menutup dokumen
  • Ctrl + U = Memberi garis bawah pada teks
  • Windows + E = Membuka windows explorer
  • Windows + R = Membuka jendela run

Tampilan Microsoft Word

1. Jendela

    

  • Quick Access Toolbar: Toolbar akses cepat berada di pojok kiri atas jendela. Toolbar ini memiliki 3 tombol yang berbentuk icon yaitu tombol SaveUndo & Redo serta Customize Quick Access Toolbar.
  • Title bar adalah bagian Microsoft Word yang berada di tengah paling atas aplikasi saat MS Word dibuka. Title bar berfungsi untuk menampilkan nama dokumen dan jenis dokumen yang sedang aktif pada bagian atas jendela aplikasi.
  • Window Management terletak di sudut kanan atas jendela dan terdiri atas 4 tombol. Fungsi pada masing-masing tombol tersebut antara lain.
  • Close: Untuk menutup jendela MS Word
  • Restore Down: Berfungsi untuk memperkecil jendela
  • Maximize: Perbesar Jendela sacara full
  • Minimze: Untuk memperkecil jendela Word
  •  2. Ribbon

          Ribbon adalah kumpulan menu bar yang memiliki tombol-tombol perintah MS Word dan telah dikelompokkan sedemikian rupa berdasarkan fungsi masing-masing untuk memudahkan penggunaannya. Fungsi ribbon adalah untuk mengelompokkan fitur-fitur dari MS Word yang kemudian ditampilkan secara teratur agar mudah diakses.

     Di dalam ribbon terdapat bagian lain yaitu:


    • Menu bar adalah baris menu utama yang ditampilkan secara mendatar di bawah title bar. Fungsi dari menu bar adalah untuk mengelompokkan menu berdasarkan kegunaannya. Menu pada Microsoft Word secara default terdiri dari 10 menu. Yaitu menu Home, Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, View dan Help.
    • Tombol pembuka dialog box, ada beberapa menu perintah yang memiliki tombol pembuka dialog box ini. Klik pada tombol tersebut sehingga akan tampil dialog box yang berhubungan denga menu perintah tersebut.

    3. Ruller 
        Ruler adalah fitur pengukur halaman yang berfungsi untuk mengatur tata letak halaman baik itu teks maupun objek (bisa gambar, table dan lain sebagainya). Dengan memanfaatkan fitur ini kita dengan mudah bisa mengetahui dan mengatur batas halaman, tabulasi, jarak teks dengan tepi halaman maupun dengan objek lainnya.

    4. Worksheet (Lembar Kerja)
        Jika kita membuka dokumen baru dan terlihat lembaran halaman bewarna putih itu adalah Worksheet. Worksheet biasa juga disebut sebagai lembar kerja, workspace atau teks area pada Microsoft Word. Worksheet ibarat seperti kanvas. Bagian ini merupakan tempat untuk mengetik, mengedit, menambahkan gambar dan pekerjaan lain sesuai dengan kebutuhan kita.

    5. Kursor
        Sebelum kita menulis di lembar dokumen yang baru, kita akan melihat tanda garis tegak yang berkedip-kedip. Letaknya berada pada kiri atas worksheet. Kursor berfungsi untuk menunjukkan posisi pengetikan atau posisi interaksi dengan layar saat ini. Ketika mengetikkan sesuatu maka teks akan keluar di lokasu kursor tersebut.

    Kita bisa memindahkan kursor kita dengan menggerakkan mouse kemanapun yang kita inginkan. Misalnya untuk mengedit teks yang telah kita tulis.

    6. Status bar
        Status bar terdapat pada bagian kiri paling bawah jendela MS Word. Fungsi status bar adalah untuk menampilkan informasi secara real time mengenai perintah yang sedang aktif pada dokumen yang sedang dibuka. Informasi tersebut antara lain:
    1. Page … of … , menunjukkan jumlah total halaman yang sedang ditampilkan dan pada halaman berapa (kursor) anda aktif.
    2. … Words, menunjukkan jumlah kata yang ada pada dokumen.
    3. English (United States), yaitu Bahasa yang digunakan dalam ms word tersebut maupun sebagai pengejaan kata (spelling) terhadap teks yang diketik.

    7. Page view (Tampilan halaman)
        Bagian jendela yang satu ini terdapat pada pojok kanan paling bawah ms word. Letaknya sebaris dan bersebelahan dengan Status Bar. Secara default tampilan yang terlihat pada layar kita adalah tampilan print layout. Bisa kalian lihat pada gambar tersebut bahwa tampilan print layout sedang aktif.

    Pada toolbar Page View ada 5 macam pilihan tampilan yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing mempunyai fungsi tersendiri bagi penggunannya. Berikut lebih jelasnya apa perbedaan dari masing -masing tampilan tersebut:

    • Read Mode, mode ini menampilkan halaman dokumen menjadi satu tampilan terdapat 2 lembar halaman secara berdampingan seperti layaknya buku yang dijilid.
    • Print Layout, mode ini berfungsi untuk menunjukkan ukuran sebenarnya dari dokumen dan menampilkan tatak letak halaman. Sehingga memudahkan ketika dokumen hendak dicetak (di print).
    • Web Layout, mode ini berfungsi untuk menampilkan halaman dokumen seperti tampilan pada website. Halaman dokumen akan nampak melebar jika kalian memilih tampilan ini.
    • Slider zoom in & zoom out, untuk mengatur perbesaran atau pengecilan tampilan halaman dokumen dengan cara menyeret ke kiri untuk zoom out (atau klik tombol +) sedangkan seret ke kanan untuk zoom in (atau klik tombol -)
    8. Context Menu
        Context menu : Pilihan tersembunyi pada suatu item. Untuk menampilkannya cukup dengan mengklik kanan atau menyentuhnya dengan lama.

    9. Group
        




        Group adalah sekumpulan atau kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.  Jadi, Tab menyediakan Ribbon, Ribbon terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.

    10. Panel
          Panel navigasi merupakan fitur baru yang tidak ada dalam versi Microsoft word sebelumnya. Panel ini mempermudah mencari dan menelusuri dokumen baik berupa teks, gambar, tabel, atau Footnotes/Endnotes.

    Untuk membuka panel Navigasi, tekan Ctrl+F, atau klik Tampilan > Panel Navigasi.

    11. Miximize, Minimize, Restore down, dan Close
    • Maximize adalah tombol pembalik dari Restore Down. Jendela yang tampilannya tidak penuh atau kecil bisa kalian buka dengan tampilan full layar dengan menekan Maximize. Tentu saja jika sudah full layar tombol Maximize akan berubah menjadi Restore Down
    • Minimize sebagai tombol memperkecil tampilan Windows. Penjelasan tersebut sebenarnya kurang tepat, karena fungsi utama Minimize yaitu menyelipkan jendela ke taskbar.
    • Restore Down berfungsi untuk mengecilkan jendela aplikasi. Setelah kalian tekan Restore Down dan jendela aplikasi menjadi lebih kecil, kalian masih bisa mengaturnya supaya lebih lebar atau lebih tinggi lagi.
    • Close artinya kalian menutup aplikasi tersebut. Misalnya kalian buka lagi aplikasi akan berjalan mulai dari awal lagi.
     

    Referensi:














    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Tugas 3 Perekonomian Indonesia

    My First Post

    Sistem Ekonomi