CARA MENGOPERASI DASAR MICROSOFT OFFICE
OPERASI DASAR MICROSOFT OFFICE
Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak atau program aplikasi pengolah data berupa huruf atau angka yang dipergunakan untuk keperluan bisnis, pekerjaan, pembuatan laporan, pembuatan dokumen, makalah, skripsi atau hal lain yang berkaitan dengan tulis menulis yang dikembangkan oleh Perusaan Microsoft.
Memilih Microsoft Word yang tepat
Berikut perkembangan Microsoft Word setiap versinya.
Kalau kita lihat gambar diatas, mouse memiliki tiga buah bagian yang utama. Meskipun sekarang sudah banyak lagi berbagai macam model mouse yang memiliki bagian-bagian lebih banyak dari itu. Namun untuk bagian mouse standar diantaranya :
- Klik kiri berfungsi untuk
menunjuk, mendrag (mengambil atau menggeser), enter (masuk) dan lain
sebagainya.
- Klik kanan berfungsi untuk
memunculkan menu optional atau pilihan.
- Scroll berfungsi untuk
menurunkan halaman ke atas dan ke bawah dengan mudah.
- Sensor berfungsi untuk
menggerakan kursor untuk melakukan perintah tertentu.
Cara bekerja menggunakan keyboard
Cara menggunakan keyboard
menggunakan keboard juga tidak sulit. Fungsi keyboad yang paling penting dan
utama yaitu untuk menginput huruf yaitu (mengetik) dalam bahasa kita yang
mudah. Hanya cukup menekan tombol huruf atau angka yang terdapat di dalamnya untuk
menginputkannya. walaupun demikian, keyboard juga di lengkapi dengan berbagai
tombol lainnya. Berikut ini beberapa tombol yang akan sering di gunakan ketika
bekerja di komputer menggunakan keyboard.
- Ctrl + A = Untuk menyeleksi
keseluruhan atau memblok semua
- Ctrl + C = Copy
- Ctrl + V = Paste
- Ctrl + Z = Undo
- Ctrl + S = Simpan dokumen
- Ctrl + O = Open dokumen
- Ctrl + P = Mencetak dokumen
- Ctrl + N = Membuat dokumen baru
- Ctrl + B = Menebalkan teks
- Ctrl + W = Menutup dokumen
- Ctrl + U = Memberi garis bawah pada teks
- Windows + E = Membuka windows
explorer
- Windows + R = Membuka jendela run
Tampilan Microsoft Word
1. Jendela
2. Ribbon
Ribbon adalah kumpulan menu bar yang memiliki tombol-tombol perintah MS Word dan telah dikelompokkan sedemikian rupa berdasarkan fungsi masing-masing untuk memudahkan penggunaannya. Fungsi ribbon adalah untuk mengelompokkan fitur-fitur dari MS Word yang kemudian ditampilkan secara teratur agar mudah diakses.
Di dalam ribbon terdapat bagian lain yaitu:
- Menu bar adalah baris menu utama yang ditampilkan secara mendatar di bawah title bar. Fungsi dari menu bar adalah untuk mengelompokkan menu berdasarkan kegunaannya. Menu pada Microsoft Word secara default terdiri dari 10 menu. Yaitu menu Home, Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, View dan Help.
- Tombol pembuka dialog box, ada beberapa menu perintah yang memiliki tombol pembuka dialog box ini. Klik pada tombol tersebut sehingga akan tampil dialog box yang berhubungan denga menu perintah tersebut.
Kita bisa memindahkan kursor kita dengan menggerakkan mouse kemanapun yang kita inginkan. Misalnya untuk mengedit teks yang telah kita tulis.
- Page … of … , menunjukkan jumlah total halaman yang sedang ditampilkan dan pada halaman berapa (kursor) anda aktif.
- … Words, menunjukkan jumlah kata yang ada pada dokumen.
- English (United States), yaitu Bahasa yang digunakan dalam ms word tersebut maupun sebagai pengejaan kata (spelling) terhadap teks yang diketik.
Pada toolbar Page View ada 5 macam pilihan tampilan yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing mempunyai fungsi tersendiri bagi penggunannya. Berikut lebih jelasnya apa perbedaan dari masing -masing tampilan tersebut:
- Read Mode, mode ini menampilkan halaman dokumen menjadi satu tampilan terdapat 2 lembar halaman secara berdampingan seperti layaknya buku yang dijilid.
- Print Layout, mode ini berfungsi untuk menunjukkan ukuran sebenarnya dari dokumen dan menampilkan tatak letak halaman. Sehingga memudahkan ketika dokumen hendak dicetak (di print).
- Web Layout, mode ini berfungsi untuk menampilkan halaman dokumen seperti tampilan pada website. Halaman dokumen akan nampak melebar jika kalian memilih tampilan ini.
- Slider zoom in & zoom out, untuk mengatur perbesaran atau pengecilan tampilan halaman dokumen dengan cara menyeret ke kiri untuk zoom out (atau klik tombol +) sedangkan seret ke kanan untuk zoom in (atau klik tombol -)
- Maximize adalah tombol pembalik dari Restore Down. Jendela yang tampilannya tidak penuh atau kecil bisa kalian buka dengan tampilan full layar dengan menekan Maximize. Tentu saja jika sudah full layar tombol Maximize akan berubah menjadi Restore Down
- Minimize sebagai tombol memperkecil tampilan Windows. Penjelasan tersebut sebenarnya kurang tepat, karena fungsi utama Minimize yaitu menyelipkan jendela ke taskbar.
- Restore Down berfungsi untuk mengecilkan jendela aplikasi. Setelah kalian tekan Restore Down dan jendela aplikasi menjadi lebih kecil, kalian masih bisa mengaturnya supaya lebih lebar atau lebih tinggi lagi.
- Close artinya kalian menutup aplikasi tersebut. Misalnya kalian buka lagi aplikasi akan berjalan mulai dari awal lagi.
https://www.advernesia.com/blog/microsoft-excel/bagian-fungsi-dan-pengertian-ribbon-pada-excel/
https://www.kaskus.co.id/thread/5c05e9b2dc06bd9a548b4567/keunggulan-microsoft-2019/
https://adinsika.blogspot.com/2020/10/tentang-pembahasan-blog-1.html
https://www.sinaukomputer.net/2019/01/cara-menggunakan-keyboard-mouse.html
https://edu.gcfglobal.org/en/tr_id-word-2016/memulai-dengan-word/1/
https://itkoding.com/bagian-bagian-microsoft-word/
Komentar
Posting Komentar